Cara membuat Install Shield menggunakan WinRar

Kamis, 12 April 2012
Cara membuat install shield menggunakan WinRar sebenarnya cukup mudah dilakukan oleh siapapun dan dapat mengsilkan install shield yang cukup bagus. Namun sebelum anda mengikuti petunjuk dibawah ini pastikan WinRar sudah terinstall dalam PC anda. Untuk mengetahuinya cara membuatnya anda dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
1. Siapkan file dan folder yang akan anda masukkan kedalam arsip install shield yang akan dibuat, lalu blok semuanya dan lakukan klik kanan menggunakan mouse, setelah itu klik “add to archive…”

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut dan lakukan perubahan nama arsip menjadi apapun atau mengikuti contoh seperti saya yaitu “Setup”, lalu beri tanda centang pada “Create SFX Archive” dan pilih tab “Advanced”.

3. Setelah mencul tampilan seperti berikut pilih tombol “SFX options…”

4. Lalu isi “Patch to extract” sesuai keinginan anda yang nanti pada hasilnya file yang sebelumnya anda blok akan muncul dalam file tersebut, contohnya: C:\Program Files\IA Game\Peppy The Xplorer dari hasil yang saya lakukan pada gambar. Sedangkan “Run after extraction” adalah berfungsi untuk menjalankan file tertentu yang sebelumnya telah anda blok untuk langsung berjalan setelah selesai diekstrak instalasinya nanti, saya memberi contoh menjalankan Readme.txt.  Setelah itu pilih tab “Advenced”

5. Disini bertujuan untuk membuat shortcut dari hasil install shield anda pada desktop, anda dapat mengetik pada kolom seperti gambar contoh sebagai berikut dengan merubahnya sesuai dengan file yang akan anda jadikan shortcut nantinya: D, "Peppy The Xplorer.exe", "", "Peppy The Xplorer", "Peppy The Xplorer". Setelah itu anda pilih tab “Text and icon”

6. Setelah mencul tampilan seperti dibawah ini anda dapat mengisi space “Title of SFX windows” dan “Text to display in SFX windows” sesuai keinginan anda, contohnya dapat anda lihat dalam gambar di bawah ini. Selain itu anda dapat memberikan logo pada install shield yang akan anda buat dengan mencarinya dengan meng-klik tombol “Browse…” di sebelah kanan text “Load SFX logo from file”, logo yang dibutuhkan berukuran 95 x 300 pixel dan bertipe file “.bmp”. Selain itu anda dapat merubah icon hasil install shield yang akan anda buat dengan meng-klik tombol “Browse…” di sebelah kanan text “Load SFX icon from file”, icon yang dibutuhkan berukuran 48 x 48 pixel dan bertipe file “.ico”. Setelah itu anda dapat memilih tab “License”.

7. Disini anda dapat menulis sesuai dengan yang anda inginkan yang berhubungan dengan lisensi mengenai file yang terdapat dalam install shield/ file yang tadi anda blok atau menulis sesuatu hal seperti yang saya lakukan dalam gambar. Apabila sudah selesai melakukan hal tersebut anda dapat meng-klik tombol “Ok”.

8. Apabila muncul tampilan seperti di bawah ini klik tombol “Ok” kembali.


9. Lalu akan mencul tampilan seperti gambar berikut. Hal ini menunjukan install shield anda sedang berlangsung dibuat, hasilnya anda dapat lihat pada folder dimana anda memblok file anda sebelumnya.
10. Hasilnya dapat anda lihat kurang lebih seperti contoh dalam gambar berikut ini: 
Semoga yang saya tulis dalam artikel ini bermanfaat untuk anda, apabila ada kesalahan dan kekurang dalam penyampaian mohon maaf, terima kasih telah mengunjungi dan membaca isi blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Wahyu Saifudin Blogger Mohon Sopan Dalam Blogging Terima Kasih. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 
 
 
Copyright © Berbagi Ilmu dan Wawasan | Modificated By Khairul Umam